Friday, March 23, 2018

Inilah Mengapa Perempuan Gampang Marah Menjelang Atau Saat Menstruasi


Menstruasi atau haid atau datang bulan yaitu perubahan fisiologis dalam tubuh perempuan yang terjadi setips rutin dan dipengaruhi oleh hormon reproduksi baik FSH-Estrogen atau LH-Progesteron.Periode ini penting dalam hal reproduksi. Pada manusia, hal ini biasanya terjadi setiap bulan antara usia remaja hingga menopause. Selain manusia, periode ini hanya terjadi pada primata-primata besar, sementara binatang-binatang menyusui lainnya mengalami siklus estrus.

Pada perempuan siklus menstruasi rata-rata terjadi sekitar 28 hari, walaupun hal ini berlaku umum, tetapi tidak semua perempuan memiliki siklus menstruasi yang sama, kadang kala siklus terjadi setiap 21 hari hingga 30 hari. Biasanya, menstruasi rata-rata terjadi 5 hari, kadang kala menstruasi juga sanggup terjadi sekitar 2 hari hingga 7 hari paling usang 15 hari. Jika darah keluar lebih dari 15 hari maka itu termasuk darah penyakit.Umumnya darah yang hilang akhir menstruasi yaitu 10mL hingga 80mL per hari tetapi biasanya dengan rata-rata 35mL per harinya.nMudah murka dan tersinggung menjelang haid yaitu salah satu gejala Pra Menstruasi Wanita (PMS). Beberapa peneliti dari Universitas California, Amerika Serikat perdana-perdana ini merilis hasil penelitian mereka yang menjawab pertanyaan mengapa wanita mudah murka menjelang menstruasi. Penyebab suasana hati perempuan tidak stabil menjelang mentsruasi ternyata bukan hormon, melainkan lantaran terjadinya respon sel otak yang disebut reseptor GABA.

Penelitian di kerjakan dengan memindai otak perempuan yang menderita Premenstrual Dysphoric Disorder disingkat PMDD. PMDD yaitu jenis gangguan disforik pramenstruasi.Gejala PMDD lebih parah daripada yang di alami oleh perempuan dengan Premenstrual Syndrome (PMS). Hasil pemindaian pada beberapa otak wanita dengan PMDD menyampaikan telah terjadi peningkatan kegiatan di otak kecil. Lonjakan yang tinggi menyampaikan kondisi emosi yang semakin buruk.Fungsi sel GABA pada otak yaitu untuk membatasi aktivitas-aktivitas yang terkait dengan stres dan kecemasan. Pada perempuan yang menderita PMDD, hormon progesteron akan mengubah bentuk reseptor GABA pada otak kecil.Perubahan bentuk tersebut yang terjadi ketika menjelang menstruasi menciptakan sel GABA akan sulit mengontrol perasaan cemas dan stres.Suzanne Abraham, salah seorang ginekolog di Royal North Shore Hospital, Sydney, Australia, mengatakan, meski pemindaian hanya dikerjakan kepada perempuan dengan PMDD, studi ini cukup mewakili kondisi perempuan setips umum.
Penyebab niscaya dari Premenstruation Syndrome belum diketahui tetapi ada beberapa hal yang berkaitan dengan keadaan ini diantaranya:
  • Perubahan Hormon
Masa menjelang Haid mensugesti siklus hormon dalam tubuh perempuan, kondisi perubahan hormon yang naik turun juga terjadi ketika kehamilan atau menapouse.
  • Perubahan kimia pada otak
Jumlah  serotin yang tidak menentu sanggup memacu tanda-tanda Premenstuasin Syndrom.
  • Stress
Stress misa memperburuk keadaan PMS
  • Kebiasaan Makan
kekurangan vitamin dan mineral berkaitan pula dengan kondisi PMS, juga termasuk kuliner yang banyak mengandung garam, dan juga kafein dan alkohol sebaiknya dihindari.
 Beberapa tips sanggup dikerjakan untuk mengatasi emosi yang tidak menentu ketika haid diantaranya:
  • Terapi Musik
mendengarkan musik yang menenangkan akan mensugesti pikiran dan mengurangi aneka macam ganguan menstruasi.
  • Olahraga
Beberapa perempuan yang mekerjakan olahraga teratur menyampaikan mereka memiliki lebih sedikit problem PMS. Cobalah mekerjakan latihan rutin 2-3 kali seminggu.
  • Atur makan dan Minum
Mengurangi konsumsi alkohol dan kaffein (kopi, cola, teh )
  • Berbagi masalah
Dengan keluarga atau sobat dekat. Ini mungkin membantu mereak mengerti keadaan kau disaat menstruasi.
  • Jumpa Dokter
Apabila Kondisi PMS terlalu mengganggu kegiatan atau emosi sebaiknya berjumpa dengan dokter, lantaran akan diketahui lebih lanjut penyebabnya juga dokter akan memberi solusi juga pengobatan.

Tips Cara Menghilangkan Sifat Emosi Saat Haid 
Saat haid, emosi perempuan cenderung tidak stabil, gampang naik dan turun walaupun hanya terpancing problem kecil.Alhasil, orang-orang di sekeliling protes akan ulah wanita. Tak heran kalau PMS atau haid sering dianggap musuh dalam selimut oleh seorang laki-laki.Tenang saja, mengatasi mood dan naik turunnya emosi ketika sedang haid ada tipsnya.Baru-perdana ini, para peneliti menganjurkan perempuan banyak mengonsumsi brokoli ketika sedang haid.Pasalnya, kandungan zat besi di dalam brokoli sanggup membantu meningkatkan jumlah hormon serotonin.

Hormon serotonin sendiri yaitu hormon yang membantu mengendalikan mood. Apabila jumlahnya cukup, maka mood akan tetap stabil dan bahagia. Namun, apabila jumlahnya berkurang dan menurun, maka seseorang jadi cepat murka dan tersinggung.Penelitian ini sebetulnya telah dikerjakan setidaknya selama 10 tahun, dan perlahan satu per satu materi yang sanggup meringankan mood ketika sedang haid ditemukan.Adalah para peneliti di Universitas Massachusetts dan Harvard yang membuatkesimpulan atas hal ini. Mereka telah melibatkan banyak partisipan di dalam penelitiannya.Hasilnya, perempuan diminta mengonsumsi setidaknya 20 mg zat besi untuk mengatasi mood swing pada masa haidnya.


Pemicu Emosi Tidak Stabil
Bila setiap bulan bad mood terjadi pada waktu yang sama, sanggup jadi lantaran sedang mengalami sindrom pramenstruasi.

Pernah mencicipi ibarat ingin berteriak pada semua orang? Atau segela sesuatu tampak salah di mata Anda?Kondisi ini tentunya sangat mengganggu dan sanggup tiba kapan saja.

Penyebabnya sanggup saja lantaran problem fisik yang ternyata memiliki efek negatif terhadap kondisi psikologis. Menurut dr. Mehmet Oz, yang dikutip oleh oprah.com, tidak perlu panik, ketahui saja apa pemicunya dan bagaimana menanganinya.
  • Hormon
Jika bad mood terjadi pada waktu yang sama setiap bulannya, sanggup jadi lantaran efek hormon. Sebagai wanita, setiap bulan ovarium menghasilkan hormon estrogen dan progesteron. Seminggu sebelum menstruasi, tingkat progesteron paling tinggi dan kemudian segera anjlok.
Nah, hal tersebut bepengaruh pada emosi sehingga menciptakan gampang murka dan gampang tersinggung. Periode ini disebut sindrom pramenstruasi (PMS), terjadi lantaran fluktuasi hormon. Untuk mengurangi imbas negatifnya, dr. Oz menyarankan mengonsumsi kuliner yang mengandung asam lemak omega-3, ibarat ikan laut. Atau sanggup juga minum aksesori yang mengandung 600 mg DHA omega.
  • Kafein
Konsumsi kafein, bahkan dalam jumlah kecil sanggup memicu kecemasan. Kafein merangsang otak, yang membuatnya kecanduan. Ketika seseorang kecanduan kafein, mereka mungkin mengalami tanda-tanda ibarat sakit kepala, kelelahan dan perasaan murung.
Penting sekali untuk memperhatikan asupan kafein setiap harinya. Konsumsi kafein kau janganlah melebihi 200 mg atau 2 cangkir kafein setiap harinya.
  • Hindari karbohidrat sederhana
Perhatikan juga gizi dalam makanan. Jangan meremehkan asupan karbohidrat dan gula ketika sedang diet. Ini lantaran kadar gula yang rendah dalam darah menciptakan menjadi lebih sensitif dan sulit berkonsentrasi. Ada banyak karbohidrat sehat, ibarat beras merah. Untuk memenuhi kebutuhan glukosa, santaplah buah anggun atau madu.
  • Cahaya selama tidur
Mood juga terkait erat dengan kualitas tidur. Untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, pencahayaan juga sangat penting. Penelitian menyampaikan bahwa cahaya remang-remang yang berasal dari televisi, alarm digital, bahkan sinar laptop sanggup meningkatkan risiko depresi.
Cahaya-cahaya tersebut sanggup menurunkan produksi hormon melatonin. Tanpa tingkat melatonin yang stabil, contoh tidur normal sanggup terganggu. Cobalah memperbaiki posisi kamar tidur sehingga tidak terganggu cahaya dan menghindari risiko emosi tidak stabil.
Fase menstruasi
Yaitu, luruh dan dikeluarkannya dinding rahim dari tubuh. Hal ini disebabkan berkurangnya kadar hormon seks. Hali ini setips sedikit demi sedikit terjadi pada hari ke-1 hingga 7.

Fase pra-ovulasi
Yaitu, masa pembentukan dan pematangan ovum dalam ovarium yang dipicu oleh peningkatan kadarestrogen dalam tubuh. Hal ini terjadi setips sedikit demi sedikit pada hari ke-7 hingga 1

Fase ovulasi

Masa subur atau Ovulasi yaitu suatu masa dalam siklus menstruasi perempuan dimana sel telur yang matang siap untuk dibuahi.menurut beberapa literatur, masa subur yaitu 14 hari sebelum haid selanjutnya. Apabila perempuan tersebut mekerjakan korelasi seksual pada masa subur atau ovulasi maka kemungkinan terjadi kehamilan.

Menentukan masa subur

Beberapa metode dalam memilih masa subur sanggup dilihat dengan beberapa tips:
  1. Perubahan Periode Menstruasi
  2. Perubahan Lendir Servik
  3. Perubahan Suhu Basal Tubuh

Fase pascaovulasi

Yaitu, masa kemunduran ovum bila tidak terjadi fertilisasi.Pada tahap ini, terjadi kenaikan produksi progesteron sehingga endometrium menjadi lebih tebal dan siap mendapatkan embrio untuk berkembang. Jika tidak terjadi fertilisasi, maka hormon seks dalam tubuh akan berulang dan terjadi fase menstruasi kembali.

Tkamu dan gejala 

Nyeri pada perut merupakan salah satu tanda-tanda menstruasi.Berikut ini yaitu beberapa tkamu dan tanda-tanda yang sanggup terjadi pada ketika masa menstruasi
  • Perut terasa mulas, mual dan panas.
  • Terasa nyeri ketika buang air kecil.
  • Tubuh tidak fit.
  • Demam.
  • Sakit kepala dan pusing.
  • Keputihan.
  • Radang pada vagina.
  • Gatal-gatal pada kulit.
  • Emosi meningkat.
  • Nyeri dan jerawat pada payudara.
  • Bau tubuh tidak sedap.
  • Suara kurang menarik.
  • Muncul Jerawat di wajah
Penanggulangan
Salah satu tips meredakan nyeri haid yaitu dengan mengompres perut dengan air hangat.Saat menstruasi, rasa nyeri akhir kram menstruasi seringkali datang. Bisa hanya kurang jelas atau sangat nyeri.Kondisi ini memang sedikit menggangu ketika menstruasi. Kondisi yang dalam istilah medisnya disebut dysmenorrhea ini biasanya terjadi di perut pecahan bawah.Untuk mengurangi nyeri ketika haid, ada beberapa hal yang sanggup dikerjakan yaitu
  • Perbanyak asupan cairan untuk menghindari dehidrasi. Kekurangan cairan akan menciptakan nyerinya semakin terasa. Usahakan untuk minum air hangat untuk meningkatkan ajaran darah ke kawasan panggul.
  • Membuat ramuan jahe. Caranya, rebus beberapa potong jahe yang telah dimemarkan dalam air kemudian minumlah air jahe dalam keadaan hangat.
  • Tempatkan handuk hangat di sekitar perut pecahan bawah. Ini tips yang cukup gampang untuk menghilangkan nyeri sementara waktu.
  • Hindari meminum minuman yang mengandung kafein lantaran sanggup memicu iritasi pada usus halus.
  • Meminum teh beraroma mint. Lebih baik kalau diminum dalam keadaan hangat.
  • Mekerjakan peregangan pada pagi hari sanggup melancarkan pereedaran darah dan sekaligus mengurangi rasa nyeri.